Selasa, 20 Mei 2014

Tips Tetap Semangat dalam Bekerja.

      Ada kalanya hidup ini terasa begitu berat dijalani. Ada juga yang merasa pekerjaan yang sementara dijalani semakin berat dan susah saja untu terus dijalani. Siapapun kita dan apapun alasannya, kejenuhan dan hilangnya semangat kerja tentu pernah kita alamai dan rasakan. Lalu pertanyaan sederhananya adalah apakah kita kemudian menyerah terhadap situasi dan keadaan itu? Bagi yang percaya bahwa roda kehidupan itu akan terus berputar, maka semua kejenuhan dan kebosanaan serta semangat yang menurun dalam pekerjaan haruslah disikapi sebijak mungkin. Jangan kalah sebelum berperang. Jangan menyerah sebelum berusaha.

Ada beberapa tips sederhana yang dapat saya bagikan saat ini bagaimana supaya tetap semangat di tempat kerja. Bagaimana mempertahankan semangat tersebut sepanjang hari.

1) Anggaplah hari yang dijalani itu sangat singkat. Biasanya kalau di tempat kerja kita bekerja dengan perasaan ingin cepat-cepat pulang, maka mungkin sekali perasaan kita  waktu itu ternyata berlalu dengan sangat lambat. Secara terus menerus kita memelototin jam yang ada di depan kita. “Ah, tapi waktu kok seperti sangat lambat jalannya”, mungkin seperti itu anggapan kita. Makanya jangan setiap saat melirik jam. Kalau ‘waktu’ seakan kita lupakan, percayalah ia akan berlalu dengan cepat tanpa terasa. Tanamkan dalam pikiran bahwa hari itu berlalu dengan sangat cepat, oleh karenanya maka perkejaan harus dikerjakan sesegera dan secepat mungkin. Bila kita sungguh-sungguh bekerja menuntaskan apa yang harus diselesaikan karena hari yang dilalui akan berlalu dengan sangat cepat, maka tanpa terasa kita sudah akan berada di ujung hari.

2) Cintailah apa yang kita kerjakan dengan sungguh. Ada ujar-ujar yang mengatakan bahwa kita akan betah berlama-lama bila berada di sisi orang yang kita cintai. Maka begitu juga sikap kita terhadap pekerjaan. Bila pekerjaan tersebut sangat kita cintai, maka tentu kita tidak akan pernah bosan terhadapnya. Kita akan menggelutinya dengan keyakinan dan semangat penuh. Jadi, supaya kita akan betah di tempat kerja kita, serta semangat kita akan tetap bertahan selama mungkin, maka cobalah untuk mulai mencintai apa-apa yang harus kita kerjakan dengan lebih sungguh lagi. Ketika kita jatuh cinta terhadap pekerjaan kita, percayalah dimintai untuk lembur pun kita pasti mau. Mencintai apa yang kita kerjakan itu penting. Sama pentingnya dengan mengerjakan apa yang kita cintai.

3) Siapkan secangkir kopi. Sudah bukan rahasia lagi kalau ngopi itu bisa menjadi semacam penyemangat yang luar biasa untuk mempertahankan mood dan semangat kita di tempat kerja kita. Secangkir atau dua cangkir kopi dapat menjadikan hari yang penuh kesuntukan dan keruwetan dalam pekerjaan kita setidaknya menjadi lebih baik, dan kita pun menjadi lebih bersemangat menyelesaikan apa yang harus diselesaikan itu. Bagaimana dengan mereka yan g tidak bisa ngopi? Ya apa boleh buat ngeteh juga bisa kok.

4) Ingatlah dukungan dan dorongan keluarga. Kalau kita mendapat dorongan dan dukungan penuh dari keluarga, maka biasanya itu akan memecut semangat lebih kuat lagi dalam diri kita untuk bekerja serta menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sudah dimulai. Ketika apa yang kita kerjakan didukung orang-orang yang kita kasihi dan cintai tentu akan menjadikan kita lebih bersemangat, dan menjadikan kita juga mencintai apa yang harus kita kerjakan itu. Di tempat kerja, jadikanlah tugas dan tanggungjawab kita tidak hanya untuk perusahaan semata, tapi juga untuk istri dan anak kita di rumah. Untuk keluarga kita. Kalau kita bekerja dengan baik, maka itu juga berdampak bagi keluarga yang menunggui kita di rumah. Kalau kita gagal, mereka jugalah yang akan merasakan dampaknya. Keluarga itu adalah penyemangat utama kita untuk tetap semangat di tempat kerja.

5) Ciptakan hubungan kerja yang harmonis. Apa yang sering membuat kita gagal bersosialisasi di tempat kerja? Bisa jadi karena sikap dan tingkah kita yang mengabaikan pentingnya menjaga harmonisasi di tempat kerja. Apa akibatnya? Kalau kita tidak harmonis lagi, baik dengan atasan maupun rekan kerja kita maka niscaya semangat kita akan menurun drastis, dan tentu saja hal ini berkorelasi langsung dengan kinerja kita. Untuk itulah, jalinlah hungan kerja yang baik dan harmonis dengan setiap rekan kerja di setiap lini kerja dan divisi kerja. Ini salah satu pemberi semangat kita untuk tetap berlama-lama di tempat kerja.

       Itulah sedikit tips untuk tetap semangat dalam bekerja. Semoga saja dapat bermanfaat, dan menambah semangat Anda untuk bekerja dan terus bekerja. Ingatlah, pekerjaan kita tidak akan selesai dengan sempurna bila dijalani dengan penuh kesuntukan, kebosanan, kemalasan, tak bertanggungjawab dan hal-hal sejenis itu. Jadi bangunlah kembali semangat kerja kita, bila sekiranya ia sudah mulai menurun dan memudar. Semoga saja.
sumber artikel : http://sosbud.kompasiana.com/2013/08/18/tips-tetap-semangat-dalam-bekerja-585166.html/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar