Senin, 12 Mei 2014

Tips mengganti ban kendaraan.



        Ban bocor dalam perjalanan, bukan pertanda buruk dan tidak perlu panik. Walaupun anda seorang wanita sekalipun, asal punya peralatannya dan tahu caranya tentunya. Selalu mempersiapkan diri dalam setiap perjalanan itu penting. Makanya peralatan wajib harus selalu ada di dalam kendaraan anda, pastikan selalu tersedia di dalam setiap perjalanan seperti Ban cadangan, Dongkrak dan Kunci roda. Ada baiknya baca buku manual pedoman kepemilikan kendaraan. Disana dijelaskan langkah-langkah, alat-alat yang diperlukan hingga posisi tempat dongkrak disimpan. Juga ditunjukkan posisi dimana harus mendongkrak. Bila anda belum membacanya juga, coba perhatikan tips berikut ini :

(1) Tempat.
Jika ban anda bocor, sebenarnya anda masih dapat mengemudikan kendaraan tersebut. Cari tempat yang aman dan tidak terlalu jauh untuk mengganti ban (biasanya menepi). Pastikan tempatnya datar, bukan tanjakan ataupun turunan. Pastikan anda cukup ruang untuk kerja dan aman dari resiko tertabrak kendaraan lain.

(2) Pasang Rem tangan.
Setelah mendapatkan tempat yang baik (menepi) pasang rem tangan atau hand rem. Jika kendaraan anda Matic pastikan tuas berada di [P]. Jika transmisi manual pastikan posisikan tuas transmisi di [R]. Jangan lupa pasang segitiga pengaman dengan jarak 10 m – 15 m dari kendaraan, serta nyalakan lampu Hazard (ini untuk peringatan kepada pengendara lain bahwa anda sedang dalam kondisi darurat). Bila perlu pasang ganjal pada roda-roda yang lain.

(3) Peralatan.
Keluarkan peralatan yang dibutuhkan, seperti : Dongkrak, Kunci Roda dan Ban cadangan. Longgarkan baut (sebelum dipasang dongkrak) mulailah dengan memutar arah berlawanan jarum jam. Jika perlu gunakan kaki untuk melonggarkan baut tersebut. Baut hanya dilonggarkan saja (cukup sampai berputar, karena tujuannya agar tidak terasa keras saat membuka baut nantinya) sehingga baut belum sampai lepas.

(4) Dongkrak kendaraan.
Setelah semua baut longgar, mulailah mendongkrak kendaraan anda. Posisikan dongkrak di tempat yang telah ditentukan di buku manual. Jika penempatan Dongkrak salah dapat merusak kendaraan. Kemudian Dongkrak kendaraan hingga Ban dalam posisi menggantung.

(5) Lepas dan Pasang Ban.
Kendorkan seluruh Baut dengan kunci roda dan lepaskan baut dengan tangan, serta letakkan di tempat yang aman (jangan sampai jatuh ke selokan). Lepaskan roda dan pasang ban cadangan, lalu pasang baut-bautnya dengan tangan dan lanjutkan dengan kunci roda. Putar baut searah jarum jam, urutan baut Baut yang dikencangkan adalah bersilangan (jangan berurutan). Turunkan Dongkrak dan keraskan baut tadi sampai benar-benar keras, bila perlu dengan kaki anda.

(6) Lepas Dongkrak.
Setelah seluruh baut sudah terpasang dengan kuat, Ban yang bocor serta Dongkrak dapat disimpan kembali ke dalam tempatnya. Anda bisa melanjutkan perjalanan dan jangan lupa, segera ke bengkel langganan untuk memeriksa ban dan menambal ban yang bocor tadi.
semoga bermanfaat !!!...
Sumber : http://tipsotomotifku.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar