Senin, 21 April 2014

Tips menghindari dan mengatasi mobil yang melayang di air (Aquaplaning)

         Aquaplaning adalah suatu keadaan ketika air di depan ban mobil berkumpul dengan lebih cepat dan banyak di bandingkan dengan jumlah air yang dapat di dorong oleh berat mobil anda.Tekanan dari air ini kemudian menyebabkan mobil sedikit terangkat sehingga melayang  di atas air yang ada di antara ban dan permukaan jalan. Akibatnya, mobil bisa kehilangan kontak dengan permukaan jalan dan akhirnya malah slip atau bahkan keluar dari jalan. Anda pasti tidak menginginkan keadaan ini.
kalau hai itu terjadi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan :
  1. Selalu periksa tekanan ban agar tetap stabil. Alur ban juga harus cukup dalam. Kalau perlu, ganti ban jika kondisinya sudah tidak layak.
  2. Jika jalanan basah, kurangi kecepatan dan hindari genangan air karena siape tahu genangan air itu menutupi lubang jalan yang cukup besar.
  3. Ketika mobil mulai terasa melayang di atas air, hindari memutar kemudi atau menginjak rem dengan mendadak karena bisa membuat ban mobil menjadi slip. Untuk mengurangi kecepatan, kurangi saja injakan pada pedal gas secara perlahan dan anda bisa merasakan kembali pijakan ban pada permukaan jalan.
  4. Kalau mobil anda di lengkapi dengan Anti-Lock Breaking System(ABS), Rem boleh diinjak secara normal karena transmisi pada sistem rem bisa melakukan pemompaan sendiri jika perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar